SEJARAH
DESA BENTARSARI
PADA ZAMAN DAHULU SEBELUM ADA PENYEBARAN WALI SONGO, DESA
BENTARSARI BELUM TERBENTUK MENJADI SEBUAH DESA. PADA SAAT ITU WILAYAH (BENTAR,
BENTARSARI DAN CIPUTIH) MENJADI SATU KESATUAN WILAYAH YANG DISEBUT DENGAN
“PADEMANGAN”. SEBELUM TERJADINYA PEMEKARAN ADANYA PERTEMUAN ANTARA NYI PUTRI
INDANG SEKATI, NYI PUTRI INDANG LARA, NYI PUTRI INDANG SARI DAN MBAH JANUR
SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MUSYAWARAH
TERSEBUT, SEKALIGUS PEMBERI KEPUTUSAN TENTANG PEMBAGIAN WILAYAH (BENTAR,
BENTARSARI DAN CIPUTIH). DAN HASIL MUSYAWARAH TERSEBUT YAITU NYI PUTRI INDANG
SEKATI MEMEGANG DESA CIPUTIH, NYI PUTRI INDANG SARI MEMEGANG DESA BENTARSARI,
DAN NYI PUTRI INDANG LARA MEMEGANG DESA BENTAR. ADA KESAMAAN NAMA ANTARA DESA
BENTAR DAN BENTARSARI NAMUN PEMBERIAN NAMA DESA TERSEBUT DIBERIKAN SECARA
LANGSUNG OLEH MBAH GURIANG, PADA SAAT ITU DESA BENTARSARI DIBAGI MENJADI TIGA
BAGIAN YANG PERTAMA YAITU, HULU DAYEUH (PABELOKAN), BENTARSARI (PUSAT DESA),
DAN DAYEH BIRIT SEUSEUPAN. KEMUDIAN DI
ADAKAN MUSYAWARAH / SIDANG TENTANG
PEMBAGIAN WILAYAH DESA MENJADI SATU WILAYAH DENGAN NAMA BENTARSARI, DAN
NAMA KECIL DESA BENTARSARI ADALAH PABELOKAN, NAMUN SEIRING PERKEMBANGAN
PENDUDUK YANG SEMAKIN MENINGKAT NAMA PABELOKAN DIGESER MENJADI BENTARSARI,
BAHASA YANG DIGUNAKAN PERTAMA KALI DI DESA BENTARSARI YAITU BAHASA PALAWA,
NAMUN BANYAK MASYARAKAT YANG TIDAK MENGERTI BAHASA TERSEBUT MAKA BAHASA PALAWA
DIGANTI DENGAN BAHASA SUNDA WIWITAN (SUNDA KASAR), DISINI MASYARAKAT MULAI
MENGERTI DENGAN BAHASA SUNDA WIWITAN INI NAMUN BAHASANYA MASIH KASAR KARENA
BAHASA INI DIBAWA PENGARUH DAERAH BANTEN SETELAH ITU MASYARAKAT MULAI BELAJAR
BAHASA SUNDA DENGAN TUTUR KATA YANG LEBIH BAIK, DAN BAHASA INI DIBAWA PENGARUH
OLEH MASYARAKAT YANG BERASAL DARI BANDUNG. DI DESA INI JUGA MEMPUNYAI BEBERAPA
TEMPAT DAN BENDA YANG MEMPUNYAI NILAI SEJARAH BAHKAN DIKRAMATKAN DIANTARANYA :
1.
TAMAN SARI YANG BERADA DIDAERAH
SEKITAR PABELOKAN
2.
KEBUN DALAM (PEDALEMAN)
3.
BEBERABURUNG
4.
GUNUNG KUMBANG
5.
BUKIDUNG
6.
LEWENG NANGKOD
7.
ASTANA PANJANG
8.
KETONGAN
9.
JETAK
10.SEDONG
11.PARENCA
12.DUKUH ANYAR
13.PASAREAN
14.PABELOKAN
15.CIKULUR
16.CIKANDANG
17.SISEUPAN
18.BABAKAN
19.DUKUH SAWAH
20.TEGAL JATI
21.DUKUH SAWAH
22.JERO TENGAH
23.BOBOJONG
24.MANCAGAR
SELAIN ITU, MASYARAKAT DESA BENTARSARI MEMPUNYAI KEPERCAYAAN
BAHWA KENTONGAN INI MERUPAKAN BENDA KERAMAT YANG DISINGGAHI OLEH DANGEAN
(MACAN PUTIH), DAN KENTONGAN INI DIBERIKAN SECARA SIMBOLIS KEPADA KEPALA DESA
YANG BARU MENJABAT. KENTONGAN INI JUGA DI GUNAKAN SEBAGAI TANDA BAHAYA
YANG BISA TERDENGAR OLEH ORANG DALAM SATU WILAYAH KECAMATAN SALEM.
GUNUNG
KUMBANG
GUNUNG KUMBANG ADALAH GUNUNG TERTINGGI
YANG ADA DI KABUPATEN BREBES. KALAU DILIHAT DARI KEJAUHAN GUNUNG KUMBANG
MERUPAKAN SATU GUNUNG TETAPI KALAU KITA LIHAT LEBIH DEKAT MAKA GUNUNG KUMBANG TERDIRI
DARI BEBERAPA PUNCAK. DIKENAL DENGAN 10 PUNCAK GUNUNG YAITU :
1. GUNUNG GS
2. GUNUNG PANOONGAN
3. GUNUNG TEDJAHYANG
4. GUNUNG SENGANDU / GUNUNG PUSAKA
5. GUNUNG SEGARA
6. GUNUNG DARMA
7. GUNUNG JATI
8. GUNUNG RAMAYANA
9. GUNUNG KUMBANG
10.GUNUNG HALIMUNAN
DALAM PANDANGAN KOMUNITAS JAWA DAN
SUNDA WIWIRAN, GUNUNG ADALAH SUATU YANG
MENJULANG TINGGI KEATAS BENTUKNYA SANGAT INDAH. SEDANGAKAN AGAMA ISLAM GUNUNG
ADALAH PASAK BUMI ATAU PAKU BUMI. PAKU BUMI ATAU PASAK BUMI PANJANGNYA ATAU
DALAMNYA LIMA BELAS KALI LIPAT KALI
TINGGI GUNUNG ITU. MASYARAKAT PERLU
MENCINTAI GUNUNG KEMBANG. AGAR GUNUNG KEMBANG JUGA MENCINTAI KITA. SESUAI
DENGAN SUNAH ROSUL, GUNUNG UHUD MENCINTAI KANJENG NABI MUHAMMAD SAW. BEGITUPUN SEBALIKNYA KANJENG NABI MUHAMMAD JUGA MENCINTAI
GUNUNG UHUD. KALAU KITA TIDAK MENCINTAI
GUNUNG KEMBANG DAN GUNUNG-GUNUNG YANG
LAIN MAKA GUNUNG ITU AKAN MURKA KEPADA
KITA. DIGAMBARKAN KALAU KITA TIDAK MENCINTAI GUNUNG, YAITU TENTANG PEMBALAKAN LIAR, PENGGUNDULAN HUTAN. KEMURKAAN YANG
TIMBUL ADALAH KITA MENDAPATKAN BENCANA
TANAH LONGSOR DAN BANJIR. MAKA DARI ITU KITA PERLU MENJAGA LINGKUNGA HIDUP.
SEBAGAI KESEIMBANGAN MANUSIA DAN MAKHLUK YANG LAIN DENGAN ALAM SEKITARNYA. DISAMPING ITU ADAT ISTIADAT JUGA PELU
DILESTARIKAN. GUNUNG KUMBANG ADALAH GUNUNG YANG BERDIRI DI TENGAH-TENGAH TANAH
KEPUTIHAN. TANAH KEPUTIHAN MERUPAKAN TANAH SAKRAL DIMANA MANUA TIDAK BOLEH
BERBUAT JAHAT TETAPI SEBALIKNYA HARUS BERBUAT BAIK. OLEH SEBAB ITU BANYAK CALON
RAJA ATAU TOKOH ALAM GAIB YANG BERTAPA DIGUNUNG ITU.
DIGUNUNG KUMBANG DAN SEKITARNYA MENGALAMI
DUA MUSIM YAITU KEMARAU DAN PENGHUJAN. DIMUSIM KEMARAU GUNUNG KUMBANG MERUPAKAN
BENDUNGAN UNTUK MENAHAN UAP AIR. SEDANGKAN SEBELAH UTARA GUNUNG KEMBANG
MERUPAKAN DAERAH BAYANGAN HUJAN.ANGINNYA
SANGAT KERING. DINAMAKAN ANGIN KUMBANG. ANGIN INI SAMA JUGA DENGAN
ANGIN GENDING DI JAWA TIMUR DAN ANGIN
BOHOROK DI SUMTRA.
UNTUK MELENGKAPI SEJARAH BREBES, BISA
BACA BUKU MISTERI GUNUNG KUMBANG, BUKU PUSPANEGARA PELOPOR PERJUANGAN RAKYAT
BREBES, BUKU MENGGALI GENDING GAYA
BREBES TEGAL DAN PEMALANG, WAYANG DAN WALANGSUNGSANG, SITI JENAR, SYEKH
JEMBUKARANG DAN BEBERAPA TULISAN YANG
DIMUAT PADA KORAN DAN TABLOID. SEMUANYA KARANGAN KI HM SUDARNO. DI GUNUNG
KUMBANG ADA CERITA MENGENAI KAKI KOLOT DAN NYAI KOLOT DALAM BAHASA JAWA DISEBUT
BUJANG TUA DAN PERAWAN TUA. KEDUA INSAN ITU BERASAL DARI KERAWANG. KEDUANYA
SALING MENCINTAI TETAPI SAMPAI TUA KEDUANYA TIDAK MENIKAH. KEDUANYA JUGA
MELANGGAR ADAT DAN AKHIRNYA MENINGGAL DUNIA. JIKA MUSIM KEMARAU, KALUA DILIHAT
DARI UTARA SEPERTI HUTAN KEBAKARAN DILERENG GUNUNG. DAN KALAU DIDEKATI DILERENG
GUNUNG ITU TIDAK ADA HUTAN YANG
KEBAKARAN. PERISTIWA ITU DIKATAKAN BAHWA BUJANG TUA DAN PERAWAN TUA SEDANG
MENGHANGATKAN DIRI. GUNUNG MENURUT AGAMA
HINDU DAN BUDHA ITU TEMPAT BERSEMAYAMNYA PARA HYANG. CONTOH PARAHYANG, DIENG
DAN RAHYANG. KALAU MENURUT ISLAM SEBAGAI BERIKUT :
1. DAN GUNUNG-GUNUNG SEBAGAI PASAK (QS. AN-NABA
AYAT 7)
2. DAN GUNUNG-GUNUNG DIA PANCANGKAN DENGAN TEGUH
QS. AN-NAZI’AT AYAT 32)
MASIH BANYAK AYAT-AYAT ALQURAN YANG MENJELASKAN TENTANG GUNUNG.
GURIANG PERTAPA DARI GUNUNG CUPU
DARI CERITA
RAJA-RAJA SUNDA, BAIK BERUPA SEJARAH
MAUPUN CERITA RAKYAT, BANYAK PERSAMAAN. KALAU PEMBACA TIDAK JELI, AKAN TERKECOH
DAN DIBUAT BINGUNG, YAITU PERSAMAAN CERITA RAJA-RAJA GALUH DAN RAJA-RAJA
PADJAJARAN. SEBAGAI CONTOH CIUNG WANARA,
HARYA BANGAH, PERANG BUBAT,LUTUNG KASARUNG, DAN SRI BADUGA RAJA. YANG AKAN KAMI
CERITAKAN DISINI YAITU CERITA LUTUNG KASARUNG DALAM KERAJAAN GALUH, YANG
PURABA-NYA TERLETAK DI PARAHNYANGAN TIMUR.
CERITA INI DI AWALI DENGAN BERAKHIRNYA
PEPERANGAN GARUH BARAT YANG DIPIMPIN OLEH HARYA BANGAH. BATAS KEDUA KERAJAAN
ITU ADALAH CIBARIBIS ATAU KALI BRIBIS, BERUBAH KATA MENJADI KALI BREBES.
KOTA ATAU DESA YANG TERLETAK DI TEPI KALI BREBES NAMANYA KOTA ATAU DESA BREBES.
KOTA ATAU DESA YANG SAMA PENAMANYA MENURUT KALI MENGALIR ANTARA LAIN : DESA
COMAL DI TEPI KALI COMAL. DESA
KALIGANGSA DI TEPI KALIGANGSA.DESA JEPURA DITEPI KALI JEPURA.DESA LOSARI DITEPI
KALI LOSARI. KERAWANG DITEPI KALI JEPURA. DESA LOSARI DI TEPI KALI LOSARI.
KERRAWANG DI TEPI KALI KERAWANG. KOTA SOLO DI TEPI SUNGAI BENGAWAN SOLO.
ADA JUGA NAMA SUNGAI YANG BERMATA AIR
DI GUNUNG ITU, MAKA NAMA KAL-INYA SAMA DENGAN NAMA GUNUNGNYA. CONTOH GUNUNG AGUNG (SEKARANG GUNUNG SLAMET), SUNGAINYA DINAMAKAN KALI AGUNG (KALIGUNG). GUNUNG HALIMUN SUNGAINYA DINAMAKAN CIHALIMUN.GUNUNG GORA SUNGAINYA DINAMAKAN CIGORA.
SELANJUTNYA SUNGAI BREBES OLEH SRI
DEMUNAWAN, DIRUBAH NAMANYA MENJADI CIPEMALI.
BERUBAH KATA MENJADI KALI PEMALI.
KEMUDIAN KATA-KATA BREBES DIJADIKAN NAMA KABUPATEN, YAITU KABUPATEN BREBES.
SETELAH BATAS KERAJAAN DITETAPKAN, CIUNG WANARA ATAU SANG MANARAH MENIKAH DENGAN CUCU SRI DEMUNAWAMAN, YANG BERNAMA KANCANA
WANGI SEBAGAI PERMAISURI. DARI PERKAWINAN DENGAN PERMAISURI MELAHIRKAN
SEORANG PUTERI YANG DIBERI NAMA PUSPA
SARI, ADA JUGA PENULIS SEJARAH MENAMAKAN PURBA SARI. SEDANGKAN PERKAWINAN CIUNG WANARA DENGAN SELIR MELAHIRKAN PURBA RARANG, PURBA ENDAH, PURBA DEWATA, PURBA KENCANA, PURBA MANIK DAN
PURBA LEUWIH. DARI PUTERI –PUTERI CIUNG
WANARA YANG DIANGKAT PUTERA MAHKOTA ADALAH PUSPA SARI ATAU PURBA SARI.
TIMBULAH RASA CEMBURU DAN IRI HATI PURBA
RARANG, TERHADAP PUSPA SARI.
MAKA, PUSPA SARI DIASINGKAN KE GUNUNG
CUPU, SEKARANG BERNAMA GUNUNG KUMBANG.
SEORANG KERABAT KERATON GALUH YANG BERNAMA PURBA KENCANA, MEMPUNYAI SEORANG ANAK
YANG KELAK AKAN MENJADI SEORANG PERTAPA SAKTI DARI GUNUNG KUMBANG, YANG BERNAMA GURU
MINDA.
JIKA DALAM PADJAJARAN BANYAK CAKRA DAN
KAMANDAKA MERUBAH DIRI MENJADI LUTUNG KASARUNG, UNTUK MENDAPAT ISTRI
YANG CANTIKNYA SAMA DENGAN IBUNYA. SEHINGGA KAMANDAKA
ATAU LUTUNG KASARUNG BISA MENDEKATI
PUTERI RAJA PASIR LUHUR SEBAGAI CALON
ISTERINYA. DALAM CERITA INI GURU MINDA,
UNTUK MENCARI ISTRI JUGA MERUBAH DIRI MENJADI LUTUNG KASARUNG, SEHINGGA DENGAN LELUASA DAPAT MEMILIH ISTRI YANG
CANTIKNYA SAMA DENGAN IBUNYA. DARI KEDUA CERITA ITU HAMPIR MIRIP, TAPI BERBEDA
KALAU KAMANDAKA ATAU BANYAK CAKRA BERASAL DARI PADJAJARAN, SEDANGKAN GURU
MINDA ATAU GURIANG ATAU SANG MANISRI BERASAL DARI GALUH. KEDUA
TOKOH ITU SAMA-SAMA MENJELMA MENJADI LUTUNG
KASARUNG. CERITA INI MASIH ZAMAN KERAJAAN GALUH.
DALAM PENYEBARANNYA LUTUNG KASARUNG ZAMAN
GALUH BERTEMAN DENGAN PUSPA SARI. PERTEMANAN ITU DIGUNUNG KUMBANG KABUPATEN BREBES. PUSPA SARI TIDAK TAKUT,
KARENA SANG LUTUNG BISA BERBICARA SEPERTI MANUSIA. DI GUNUNG KUMBANG OLEH
LUTUNG KASARUNG DIMANFAATKAN UNTUK BERTAPA.
BERTAPA UNTUK MENDAPATKAN DIRI KEPADA SANG
HYANG TUNGGAL KEMUDIAN MEMOHON DIBUATKAN ISTANA DIGUNUNG KUMBANG. ISTANA INI
PERSEMBAHAN UNTUK PUSPA SARI. PENDERITAAN PUSPA SARI BELUM BERHENTI, KARENA
OLEH PURBA RARING DISURUH UNTUK MEMBENDUK KALI BARANANG SIANG. KALI INI TERTAK
DI SEBELAH UTARA GUNUNG KUMBANG. MAKSUD DIBENDUNGYA KALI BARANANG SIANG, AGAR
TELAGA SITU SIPATAHUAN MENJADI SURAT.
DISINILAH SATRIA GURIANG MENAMPAKKAN DIRI
MENGAMBIL IKAN-IKAN UNTUK PUSPA SARI. KEMUDIAN DIKETAHUI, SATRIA GURIANG ADALAH
JELMAAN SI LUTUNG. KEMUDIAN KEDUANYA MENIKAH ANTARA GURIANG DENGAN PUSPA SARI
DI PURA SUBAGALUH. KARENA SANG MANARAH SETELAH EMPAT PULUH EMPAT TAHUN
MEMERINTAH GALUH AKHIRNYA MENGUNDURKAN DIRI. BELIAU LEBIH SUKA MENJADI SEORANG
PERTAPA.
KEMUDIAN KEDUDUKAN RAJA DIGANTIKAN OLEH
GURIANG DAN KAMPUNG LUWUK. BELIAU
BERKUASA SEJAK TAHUN 783 - 799 M. BERGELAR PRABU
DHARMA SAKTI WIRA JAYESWARA DISEBUT JUGA SANG MANISRI.
PERNIKAHANNYA DENGAN PUSPASARI MENURUNKAN SEORANG RAJA BERNAMA TARI WULAN BERKUASA DI GALUH SEJAK TAHUN 799 - 806 M. BERGELAR PRABU KERTAYASA DEWAKUSA LESYWARA PADA
PEMERINTAHAN TARI WULAN PURA SEBA GALUH DIPINDAHKAN DARI PERIANGAN
TIMUR KE TROWULAN. TROWULAN ADALAH SUATU TEMPAT DI WILAYAH KABUPATEN PURWOREJO.
JIKA PANTUN SUNDA ATAU PANTUN LUTUNG KASARUNG PADA ZAMAN GALUH
DIANALISA, SATRIA GURIANG KALAU BERDO’A KEPADA SANG HYANG TUNGGAL ATAU SUNAN
AMBU. INI DAPAT DISIMPULKAN BAHWA SATRIA GURIANG MASIH MENGANUT KOMUNITAS JAWA ATAU SUNDA WIWITAN. SEBAB
PENGARUH JAWA ATAU SUNDA WIWITAN SANGAT KUAT DISEKITAR GUNUNG KUMBANG. PADA WAKTU SATRIA GURIANG BERTAPA DI SEKITAR GUNUNG KUMBANG, RITUAL YANG DIGUNAKAN
ADALAH KOMUNITAS JAWA DAN SUNDA WIWITAN. BAIK RITUAL BERTAPA DENGAN CARA MAKAN
MEMAKAN SESUAI DENGAN AJARAN BETARA GURU.
PADAHAL SATRIA GURIANG SUDAH HIDUP DI ZAMAN HINDU BUDHA.
AGAMA YANG DIANUT OLEH RAJA-RAJA TARUMA NEGARA, PAKUAN DAN GALUH. INI
DAPAT DISIMPULKAN BAHWA ANTARA RAKYAT DAN RAJANYA BEBAS MEMELUK AGAMANYA
MASING-MASING.PADAHAL DASAR NEGARA YANG BEBAS MEMELUK AGAMANYA MASING-MASING
SEBELUM LAHIR.
DASAR
NEGARA INI LAHIR ATAS USULAN DENG PANEGAT
DIRANUAPANJI PATI-PATI. BELIAU ADALAH MAHA GURU ATAU RESI DARI TULUNG AGUNG. WILAYAH KERAJAAN SINGOSARI. NAMA DASAR NEGARANYA ADALAH CAKRAWALA MANDALA JAWA. PADA WAKTU KERTA NEGARA MENGUASAI LUAR JAWA, MAKA
DASAR NEGARANYA DIUBAH MENJADI CAKRAWALA
MANDALA NUSANTARA. KEMUDIAN GAYATRI MERUBAH
LAGI MENJADI BHINEKA TUNGGAL IKA TANHANA
DHARMA MANGRUWA.
SEBAGAI
DASAR KERAJAAN MAJAPAHIT, PADA WAKTU
INDONESIA MERDEKA LAMBANGH NEGARANYA BURUNG GARUDA KAKINYA MENCENGKRAM SEMBOYAN
PADA PITA BHINEKA TUNGGALN IKA.
APALAGI SEKARANG DIMANA ZAMAN SUDAH MODERN SEBAIKNYA ORANG-ORANG DI SEKITAR
GUNUNG KUMBANG MEMEGANG TEGUH HIDUP KERUKUNAN BERAGAMA SEHINGGA SALING MENJAGA
BUDAYA DAN ADAT ISTIADAT. WALAUPUN AGAMANYA BERBEDA-BEDA, HARAPANNYA ADALAH
BENDA-BENDA BUDAYA TIDAK DIRUSAK APALAGI DICARI UNTUK DIJUAL. YANG PENTING
BENDA-BENDA ITU TIDAK UNTUK BERBUAT SYIRIK KEPADA ALLAH SWT.
SUNAN KALIJAGA DAN SUNAN GUNUNG JATI DI GUNUNG
KUMBANG
SESUDAH
RADEN SAID KELUAR DARI LUATAN, RADEN SAID DIBAAWA PULANG KE RUMAH SUNAN BONANG.
DISITU DIPELIHARA AGAR KESEHATANNYA PULIH KEMBALI. SETELAH SEHAT KEMBALI, RADEN
SAID DISURUH MENYEBARKAN AGAMA ISLAM. SETELAH MENYIARKAN AGAMA ISLAM KESANA
KEMARI, RADEN SAID DIJULUKI SYEKH MALAYA, ARTINYA MENJELAJAH. YANG MEMBERI NAMA
ITU ADALAH SUNAN BONANG.
KEMUDIAN
SYEKH MALAYA DISURUH MENGAJI KE SUNAN GUNUNG JATI DI CIREBON. SEBELUM BERANGKAT
KEMUDIAN SYEKH MALAYA MENIKAH DENGAN ADIKNYA SUNAN BONANG. SESAMPAINYA DI
CIREBON, SUNAN KALIJAGA BERUSAHA MENEMUI SUNAN GUNUNG JATI. SETELAH SUNAN
GUNUNG JATI KELUAR.
“KISANAK
KAMU SEBENARNYA SIAPA DAN MAU APA SEBENARNYA?”
“HAMBA
BERNAMA RADEN SAID, HAMBA PUTRA BUPATI TUBAN DAN DATING KESINI UNTUK MENGAJI
KEPADA KANJENG SUNAN”.
“MAAF
SAYA LAGI MENGAJAR, KAMU TUNGGU SAJA DI HALAMAN SINI. SAYA TAK MELANJUTKAN
MENGAJAR SAMPAI SELESAI.”
SUNAN
GUNUNG JATI MELANJUTKAN MENGAJAR LAGI. RADEN SAID MENUNGGU SANGAT LAMA SEKALI
SAMPAI BADANNYA MEMBUNGKUK. UNTUK ITU DIPERINGATI DENGAN MEMBUAT ARCA BONGKOK.
KEMUDIAN SUNAN GUNUNG JATI KELUAR MENEMUI RADEN SAID, KEMUDIAN BERKATA,
“MENGAJAR
BELUM SELESAI, COBA KAMU TUNGGU SAJA DI TEPI SUNGAI KALIJAGA. ORANG MENUNGGU
ITU PERASAANNYA LAMA SEKALI. INI KAMU TAK BAWAKAN SERRATUS BIJI BUAH KEMIRI.
HITUNG SATU SAMPAI SERATUS.SEBELUM SAYA DATANG KAMU JANGAN BERHENTI BERHITUNG.”
KEMUDIAN
RADEN SAID BERSALAMAN. BERANGKAT MENUJU TEPI KALIJAGA. TEMPAT YANG DIPILIH
SEBELAH BARAT KALIJAGA, UNTUK KESITU MELEWATI JEMBATAN. NAMANYA WETGALINGGANG.
RADEN SAID MEMILIH TEMPAT YANG BAIK DI TEPI KALI ITU. KEMUDIAN DUDUK BERSILAH
DENGAN MEMBACA BASMALAH, MULAI LAH RADEN SAID BERHITUNG. MENGHITUNG KEMIRI DARI
SATU SAMPAI SERATUS DAN SETERUSNYA. SEMAKIN LAMA MENGHITUNG KEADAAN SEMAKIN
BERUBAH, KEMIRI YANG JUMLAHNYA SERATUS TERJATUH KE SUNGAI KALIJAGA. UNTUK
MENYELAMATKAN BIJI KEMIRI, RADEN SAID MENYEBURKAN DIRI KE DALAM SUNGAI.
DIPUNGUTLAH
SATU PER SATU KEMIRI ITU SETELAH TERKUMPUL, DIHITUNG HANYA SEJUMLAH 99 BIJI.
UNTUK MENCARI SEBUAH BIJI KEMIRI, RADEN SAID BERENANG KE HILIR. ITUPUN TIDAK KETEMU, SESAMPAINYA DI MUARA,
RADEN SAID BERTEMU DENGAN NABI KHIDIR.
“ANAK
MUDA, YANG KAMU CARI TIDAK AKAN KETEMU KARENA SEBUAH KEMIRI YANG HILANG TELAH
DIKUASAI MAKHLUK GHAIB. KAMU SEBAIKNYA BERKATA TERUS TERANG KEPADA GURUMU.”
TAK
LAMA KEMUDIAN NABI KHIDIR MENGHILANG TANPA BEKAS. RADEN SAID KEMBALI KE TEMPAT
SEMULA. MENGHITUNG KEMIRI DILANJUTKAN, TETAPI JUMLAHNYA HANYA 99. TAK LAMA
KEMUDIAN, SUNAN GUNUNG JATI DATANG MENGHAMPIRI RADEN SAID. DALAM HATI SUNAN
GUNUNG JATI SANGAT KAGUM MELIHAT KESUNGGUHAN RADEN SAID DALAM MENIMBA ILMU
AGAMA ISLAM. ILMU YANG DIBERIKAN ADALAH, CARA MEMBACA, CARA MENERJEMAHKAN, DAN
MENAFSIRKAN AL QURAN. ILMU YANG DITERIMA SANGAT CEPAT DISERAP. SETELAH LULUS,
RADEN SAID DIBERI GELAR SUNAN KALIJAGA. SITUS KALIJAGA LUASNYA 2 HEKTAR.
UNTUK
MENGETAHUI KEMAMPUAN ILMU TENTANG AL QURAN, SUNAN KALIJAGA DIAJAK NAIK KE
GUNUNG KUMBANG. DENGAN DUDUK BERSILAH BERHADAP-HADAPAN DENGAN SUNAN GUNUNG
JATI. SUNAN GUNUNG JATI MEMBUKA SEBUAH
KITAB AL QURAN. ALANGKAH TERKEJUTNYA SUNAN GUNUNG JATI. HURUF-HURUF DALAM AL
QURAN TIDAK KELIHATAN. HURUF-HURUF AL QURAN DITUTUPI MAKHLUK GHAIB. SEKARANG
BERGANTIAN SUNAN KALIJAGA. UNTUK MEMBUKA KITAB AL QURAN DENGAN KEMAMPUAN ILMU
YANG SANGAT TINGGI, SUNAN KALIJAGA MENGUSIR MAKHLUK GHAIB.
KEMUDIAN
SUNAN KALIJAGA MEMBUKA KITAB AL QURAN.SEMUA HURUF DALAM AL QURAN TERLIHAT
JELAS. SUNAN KALIJAGA BISA MEMBACA AL QURAN SAMPAI KHATAM. DISINI SUNAN GUNUNG
JATI MENGAKUI KELEBIHAN SUNAN KALIJAGA DALAM MENGUASAI ILMU AL QURAN. SETELAH
SELESAI KEDUANYA KEMBALI KE CIREBON. KEMUDIAN SUNAN KALIJAGA, OLEH SUNAN GUNUNG
JATI DINIKAHKAN DENGAN DEWI WINAON.
DEWI
WINAON ADALAH PUTRI SUNAN GUNUNG JATI.YANG LAHIR DARI HASIL PERKAWINANNYA
DENGAN PUTRI KAWUNGANTEN.
x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar