Kecamatan Salem

Desa Bentarsari


SEJARAH DESA BENTARSARI
PADA ZAMAN DAHULU SEBELUM ADA PENYEBARAN WALI SONGO, DESA BENTARSARI BELUM TERBENTUK MENJADI SEBUAH DESA. PADA SAAT ITU WILAYAH (BENTAR, BENTARSARI DAN CIPUTIH) MENJADI SATU KESATUAN WILAYAH YANG DISEBUT DENGAN “PADEMANGAN”. SEBELUM TERJADINYA PEMEKARAN ADANYA PERTEMUAN ANTARA NYI PUTRI INDANG SEKATI, NYI PUTRI INDANG LARA, NYI PUTRI INDANG SARI DAN MBAH JANUR SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MUSYAWARAH  TERSEBUT, SEKALIGUS PEMBERI KEPUTUSAN TENTANG PEMBAGIAN WILAYAH (BENTAR, BENTARSARI DAN CIPUTIH). DAN HASIL MUSYAWARAH TERSEBUT YAITU NYI PUTRI INDANG SEKATI MEMEGANG DESA CIPUTIH, NYI PUTRI INDANG SARI MEMEGANG DESA BENTARSARI, DAN NYI PUTRI INDANG LARA MEMEGANG DESA BENTAR. ADA KESAMAAN NAMA ANTARA DESA BENTAR DAN BENTARSARI NAMUN PEMBERIAN NAMA DESA TERSEBUT DIBERIKAN SECARA LANGSUNG OLEH MBAH GURIANG, PADA SAAT ITU DESA BENTARSARI DIBAGI MENJADI TIGA BAGIAN YANG PERTAMA YAITU, HULU DAYEUH (PABELOKAN), BENTARSARI (PUSAT DESA), DAN DAYEH BIRIT  SEUSEUPAN. KEMUDIAN DI ADAKAN  MUSYAWARAH / SIDANG  TENTANG PEMBAGIAN WILAYAH DESA MENJADI SATU WILAYAH DENGAN NAMA BENTARSARI, DAN  NAMA KECIL DESA BENTARSARI ADALAH PABELOKAN, NAMUN SEIRING PERKEMBANGAN PENDUDUK YANG SEMAKIN MENINGKAT NAMA PABELOKAN DIGESER MENJADI BENTARSARI, BAHASA YANG DIGUNAKAN PERTAMA KALI DI DESA BENTARSARI YAITU BAHASA PALAWA, NAMUN BANYAK MASYARAKAT YANG TIDAK MENGERTI BAHASA TERSEBUT MAKA BAHASA PALAWA DIGANTI DENGAN BAHASA SUNDA WIWITAN (SUNDA KASAR), DISINI MASYARAKAT MULAI MENGERTI DENGAN BAHASA SUNDA WIWITAN INI NAMUN BAHASANYA MASIH KASAR KARENA BAHASA INI DIBAWA PENGARUH DAERAH BANTEN SETELAH ITU MASYARAKAT MULAI BELAJAR BAHASA SUNDA DENGAN TUTUR KATA YANG LEBIH BAIK, DAN BAHASA INI DIBAWA PENGARUH OLEH MASYARAKAT YANG BERASAL DARI BANDUNG. DI DESA INI JUGA MEMPUNYAI BEBERAPA TEMPAT DAN BENDA YANG MEMPUNYAI NILAI SEJARAH BAHKAN DIKRAMATKAN DIANTARANYA :

1.     TAMAN SARI YANG BERADA DIDAERAH SEKITAR PABELOKAN
2.     KEBUN DALAM (PEDALEMAN)
3.     BEBERABURUNG
4.     GUNUNG  KUMBANG
5.     BUKIDUNG
6.     LEWENG NANGKOD
7.     ASTANA PANJANG
8.     KETONGAN
9.     JETAK
10.SEDONG
11.PARENCA
12.DUKUH ANYAR
13.PASAREAN
14.PABELOKAN
15.CIKULUR
16.CIKANDANG
17.SISEUPAN
18.BABAKAN
19.DUKUH SAWAH
20.TEGAL JATI
21.DUKUH SAWAH
22.JERO TENGAH
23.BOBOJONG
24.MANCAGAR
SELAIN ITU, MASYARAKAT DESA BENTARSARI MEMPUNYAI KEPERCAYAAN BAHWA KENTONGAN INI MERUPAKAN BENDA KERAMAT YANG DISINGGAHI OLEH  DANGEAN (MACAN PUTIH), DAN KENTONGAN INI DIBERIKAN SECARA SIMBOLIS KEPADA KEPALA DESA YANG BARU MENJABAT. KENTONGAN INI JUGA DI GUNAKAN  SEBAGAI TANDA BAHAYA YANG BISA TERDENGAR OLEH ORANG DALAM SATU WILAYAH KECAMATAN SALEM.
GUNUNG KUMBANG
GUNUNG KUMBANG ADALAH GUNUNG TERTINGGI YANG ADA DI KABUPATEN BREBES. KALAU DILIHAT DARI KEJAUHAN GUNUNG KUMBANG MERUPAKAN SATU GUNUNG TETAPI KALAU KITA LIHAT LEBIH DEKAT MAKA GUNUNG KUMBANG TERDIRI DARI BEBERAPA PUNCAK. DIKENAL DENGAN 10 PUNCAK GUNUNG YAITU :
1.     GUNUNG GS
2.     GUNUNG PANOONGAN
3.     GUNUNG TEDJAHYANG
4.     GUNUNG SENGANDU  / GUNUNG PUSAKA
5.     GUNUNG SEGARA
6.     GUNUNG DARMA
7.     GUNUNG JATI
8.     GUNUNG RAMAYANA
9.     GUNUNG KUMBANG
10.GUNUNG HALIMUNAN
DALAM PANDANGAN KOMUNITAS JAWA DAN SUNDA WIWIRAN, GUNUNG  ADALAH SUATU YANG MENJULANG TINGGI KEATAS BENTUKNYA SANGAT INDAH. SEDANGAKAN AGAMA ISLAM GUNUNG ADALAH PASAK BUMI ATAU PAKU BUMI. PAKU BUMI ATAU PASAK BUMI PANJANGNYA ATAU DALAMNYA  LIMA BELAS KALI LIPAT KALI TINGGI GUNUNG ITU. MASYARAKAT  PERLU MENCINTAI GUNUNG KEMBANG. AGAR GUNUNG KEMBANG JUGA MENCINTAI KITA. SESUAI DENGAN SUNAH ROSUL, GUNUNG UHUD MENCINTAI KANJENG NABI  MUHAMMAD SAW. BEGITUPUN SEBALIKNYA  KANJENG NABI MUHAMMAD JUGA MENCINTAI GUNUNG  UHUD. KALAU KITA TIDAK MENCINTAI GUNUNG KEMBANG  DAN GUNUNG-GUNUNG YANG LAIN MAKA GUNUNG ITU AKAN  MURKA KEPADA KITA. DIGAMBARKAN KALAU KITA TIDAK MENCINTAI GUNUNG, YAITU TENTANG PEMBALAKAN  LIAR, PENGGUNDULAN HUTAN. KEMURKAAN YANG TIMBUL ADALAH  KITA MENDAPATKAN BENCANA TANAH LONGSOR DAN BANJIR. MAKA DARI ITU KITA PERLU MENJAGA LINGKUNGA HIDUP. SEBAGAI KESEIMBANGAN MANUSIA DAN MAKHLUK YANG LAIN DENGAN ALAM SEKITARNYA.  DISAMPING ITU ADAT ISTIADAT JUGA PELU DILESTARIKAN. GUNUNG KUMBANG ADALAH GUNUNG YANG BERDIRI DI TENGAH-TENGAH TANAH KEPUTIHAN. TANAH KEPUTIHAN MERUPAKAN TANAH SAKRAL DIMANA MANUA TIDAK BOLEH BERBUAT JAHAT TETAPI SEBALIKNYA HARUS BERBUAT BAIK. OLEH SEBAB ITU BANYAK CALON RAJA ATAU TOKOH ALAM GAIB YANG BERTAPA DIGUNUNG ITU.
DIGUNUNG KUMBANG DAN SEKITARNYA MENGALAMI DUA MUSIM YAITU KEMARAU DAN PENGHUJAN. DIMUSIM KEMARAU GUNUNG KUMBANG MERUPAKAN BENDUNGAN UNTUK MENAHAN UAP AIR. SEDANGKAN SEBELAH UTARA GUNUNG KEMBANG MERUPAKAN DAERAH BAYANGAN HUJAN.ANGINNYA  SANGAT KERING. DINAMAKAN ANGIN KUMBANG. ANGIN INI SAMA JUGA DENGAN ANGIN  GENDING DI JAWA TIMUR DAN  ANGIN  BOHOROK DI SUMTRA.
UNTUK MELENGKAPI SEJARAH BREBES, BISA BACA BUKU MISTERI GUNUNG KUMBANG, BUKU PUSPANEGARA PELOPOR PERJUANGAN RAKYAT BREBES, BUKU MENGGALI  GENDING GAYA BREBES TEGAL DAN PEMALANG, WAYANG DAN WALANGSUNGSANG, SITI JENAR, SYEKH JEMBUKARANG DAN BEBERAPA  TULISAN YANG DIMUAT PADA KORAN DAN TABLOID. SEMUANYA KARANGAN KI HM SUDARNO. DI GUNUNG KUMBANG ADA CERITA MENGENAI KAKI KOLOT DAN NYAI KOLOT DALAM BAHASA JAWA DISEBUT BUJANG TUA DAN PERAWAN TUA. KEDUA INSAN ITU BERASAL DARI KERAWANG. KEDUANYA SALING MENCINTAI TETAPI SAMPAI TUA KEDUANYA TIDAK MENIKAH. KEDUANYA JUGA MELANGGAR ADAT DAN AKHIRNYA MENINGGAL DUNIA. JIKA MUSIM KEMARAU, KALUA DILIHAT DARI UTARA SEPERTI HUTAN KEBAKARAN DILERENG GUNUNG. DAN KALAU DIDEKATI DILERENG GUNUNG ITU TIDAK ADA  HUTAN YANG KEBAKARAN. PERISTIWA ITU DIKATAKAN BAHWA BUJANG TUA DAN PERAWAN TUA SEDANG MENGHANGATKAN DIRI.  GUNUNG MENURUT AGAMA HINDU DAN BUDHA ITU TEMPAT BERSEMAYAMNYA PARA HYANG. CONTOH PARAHYANG, DIENG DAN RAHYANG. KALAU MENURUT ISLAM SEBAGAI BERIKUT :
1.     DAN GUNUNG-GUNUNG SEBAGAI PASAK (QS. AN-NABA AYAT 7)
2.     DAN GUNUNG-GUNUNG DIA PANCANGKAN DENGAN TEGUH QS. AN-NAZI’AT AYAT 32)
MASIH BANYAK AYAT-AYAT ALQURAN  YANG MENJELASKAN TENTANG GUNUNG.
GURIANG PERTAPA  DARI GUNUNG CUPU
DARI CERITA RAJA-RAJA SUNDA, BAIK BERUPA  SEJARAH MAUPUN CERITA RAKYAT, BANYAK PERSAMAAN. KALAU PEMBACA TIDAK JELI, AKAN TERKECOH DAN DIBUAT BINGUNG, YAITU PERSAMAAN CERITA RAJA-RAJA GALUH DAN RAJA-RAJA PADJAJARAN. SEBAGAI CONTOH  CIUNG WANARA, HARYA BANGAH, PERANG BUBAT,LUTUNG KASARUNG, DAN SRI BADUGA RAJA. YANG AKAN KAMI CERITAKAN DISINI YAITU CERITA LUTUNG KASARUNG DALAM KERAJAAN GALUH, YANG PURABA-NYA TERLETAK DI PARAHNYANGAN TIMUR.
      CERITA INI DI AWALI DENGAN BERAKHIRNYA PEPERANGAN GARUH BARAT YANG DIPIMPIN OLEH HARYA BANGAH. BATAS KEDUA KERAJAAN ITU ADALAH CIBARIBIS ATAU KALI BRIBIS, BERUBAH KATA MENJADI KALI BREBES.
      KOTA ATAU DESA YANG TERLETAK DI TEPI  KALI BREBES NAMANYA KOTA ATAU DESA BREBES. KOTA ATAU DESA YANG SAMA PENAMANYA MENURUT KALI MENGALIR ANTARA LAIN : DESA COMAL DI TEPI KALI  COMAL. DESA KALIGANGSA DI TEPI KALIGANGSA.DESA JEPURA DITEPI KALI JEPURA.DESA LOSARI DITEPI KALI LOSARI. KERAWANG DITEPI KALI JEPURA. DESA LOSARI DI TEPI KALI LOSARI. KERRAWANG DI TEPI KALI KERAWANG. KOTA SOLO DI TEPI SUNGAI BENGAWAN SOLO.
        ADA JUGA NAMA SUNGAI YANG BERMATA AIR DI GUNUNG ITU, MAKA NAMA KAL-INYA SAMA DENGAN NAMA GUNUNGNYA. CONTOH GUNUNG AGUNG (SEKARANG GUNUNG SLAMET), SUNGAINYA DINAMAKAN KALI AGUNG (KALIGUNG). GUNUNG HALIMUN SUNGAINYA DINAMAKAN CIHALIMUN.GUNUNG GORA SUNGAINYA DINAMAKAN CIGORA. SELANJUTNYA SUNGAI BREBES OLEH SRI DEMUNAWAN, DIRUBAH NAMANYA MENJADI CIPEMALI. BERUBAH KATA MENJADI KALI PEMALI. KEMUDIAN KATA-KATA BREBES DIJADIKAN NAMA KABUPATEN, YAITU KABUPATEN BREBES.
      SETELAH BATAS KERAJAAN DITETAPKAN, CIUNG WANARA ATAU SANG MANARAH MENIKAH DENGAN CUCU SRI DEMUNAWAMAN, YANG BERNAMA KANCANA WANGI SEBAGAI PERMAISURI. DARI PERKAWINAN DENGAN PERMAISURI MELAHIRKAN SEORANG PUTERI YANG DIBERI NAMA PUSPA SARI, ADA JUGA PENULIS SEJARAH MENAMAKAN PURBA SARI. SEDANGKAN PERKAWINAN CIUNG WANARA DENGAN SELIR MELAHIRKAN PURBA RARANG, PURBA ENDAH, PURBA DEWATA, PURBA KENCANA, PURBA MANIK DAN PURBA LEUWIH. DARI PUTERI –PUTERI CIUNG WANARA YANG DIANGKAT PUTERA MAHKOTA ADALAH PUSPA SARI ATAU PURBA SARI. TIMBULAH RASA CEMBURU DAN IRI HATI PURBA RARANG, TERHADAP PUSPA SARI. MAKA, PUSPA SARI DIASINGKAN KE GUNUNG CUPU, SEKARANG BERNAMA GUNUNG KUMBANG.
      SEORANG KERABAT KERATON GALUH YANG BERNAMA PURBA KENCANA, MEMPUNYAI SEORANG ANAK YANG KELAK AKAN MENJADI SEORANG PERTAPA SAKTI DARI GUNUNG KUMBANG, YANG BERNAMA GURU MINDA.
      JIKA DALAM PADJAJARAN BANYAK CAKRA DAN KAMANDAKA MERUBAH DIRI MENJADI LUTUNG KASARUNG, UNTUK MENDAPAT ISTRI YANG CANTIKNYA SAMA DENGAN IBUNYA. SEHINGGA KAMANDAKA ATAU LUTUNG KASARUNG BISA MENDEKATI PUTERI RAJA PASIR LUHUR SEBAGAI CALON ISTERINYA. DALAM CERITA INI GURU MINDA, UNTUK MENCARI ISTRI JUGA MERUBAH DIRI MENJADI LUTUNG KASARUNG, SEHINGGA DENGAN LELUASA DAPAT MEMILIH ISTRI YANG CANTIKNYA SAMA DENGAN IBUNYA. DARI KEDUA CERITA ITU HAMPIR MIRIP, TAPI BERBEDA KALAU KAMANDAKA ATAU BANYAK CAKRA BERASAL DARI PADJAJARAN, SEDANGKAN GURU MINDA ATAU GURIANG ATAU SANG MANISRI BERASAL DARI GALUH. KEDUA TOKOH ITU SAMA-SAMA MENJELMA MENJADI LUTUNG KASARUNG. CERITA INI MASIH ZAMAN KERAJAAN GALUH.
      DALAM PENYEBARANNYA LUTUNG KASARUNG ZAMAN GALUH BERTEMAN DENGAN PUSPA SARI. PERTEMANAN ITU  DIGUNUNG KUMBANG  KABUPATEN BREBES. PUSPA SARI TIDAK TAKUT, KARENA SANG LUTUNG BISA BERBICARA SEPERTI MANUSIA. DI GUNUNG KUMBANG OLEH LUTUNG KASARUNG DIMANFAATKAN UNTUK BERTAPA.
      BERTAPA UNTUK MENDAPATKAN DIRI KEPADA SANG HYANG TUNGGAL KEMUDIAN MEMOHON DIBUATKAN ISTANA DIGUNUNG KUMBANG. ISTANA INI PERSEMBAHAN UNTUK PUSPA SARI. PENDERITAAN PUSPA SARI BELUM BERHENTI, KARENA OLEH PURBA RARING DISURUH UNTUK MEMBENDUK KALI BARANANG SIANG. KALI INI TERTAK DI SEBELAH UTARA GUNUNG KUMBANG. MAKSUD DIBENDUNGYA KALI BARANANG SIANG, AGAR TELAGA SITU SIPATAHUAN MENJADI SURAT.
      DISINILAH SATRIA GURIANG MENAMPAKKAN DIRI MENGAMBIL IKAN-IKAN UNTUK PUSPA SARI. KEMUDIAN DIKETAHUI, SATRIA GURIANG ADALAH JELMAAN SI LUTUNG. KEMUDIAN KEDUANYA MENIKAH ANTARA GURIANG DENGAN PUSPA SARI DI PURA SUBAGALUH. KARENA SANG MANARAH SETELAH EMPAT PULUH EMPAT TAHUN MEMERINTAH GALUH AKHIRNYA MENGUNDURKAN DIRI. BELIAU LEBIH SUKA MENJADI SEORANG PERTAPA.
      KEMUDIAN KEDUDUKAN RAJA DIGANTIKAN OLEH GURIANG DAN KAMPUNG LUWUK. BELIAU BERKUASA SEJAK TAHUN 783 - 799 M. BERGELAR PRABU DHARMA SAKTI WIRA JAYESWARA DISEBUT JUGA SANG MANISRI.
      PERNIKAHANNYA DENGAN PUSPASARI MENURUNKAN SEORANG RAJA BERNAMA TARI WULAN BERKUASA DI GALUH SEJAK TAHUN 799 - 806 M. BERGELAR PRABU KERTAYASA DEWAKUSA LESYWARA PADA PEMERINTAHAN TARI WULAN PURA SEBA GALUH DIPINDAHKAN DARI PERIANGAN TIMUR KE TROWULAN. TROWULAN ADALAH SUATU TEMPAT DI WILAYAH KABUPATEN PURWOREJO.
      JIKA PANTUN SUNDA ATAU PANTUN LUTUNG KASARUNG PADA ZAMAN GALUH DIANALISA, SATRIA GURIANG KALAU BERDO’A KEPADA SANG HYANG TUNGGAL ATAU SUNAN AMBU. INI DAPAT DISIMPULKAN BAHWA SATRIA GURIANG MASIH MENGANUT KOMUNITAS JAWA ATAU SUNDA WIWITAN. SEBAB PENGARUH JAWA ATAU SUNDA WIWITAN SANGAT KUAT DISEKITAR GUNUNG KUMBANG. PADA WAKTU SATRIA GURIANG BERTAPA DI SEKITAR GUNUNG KUMBANG, RITUAL YANG DIGUNAKAN ADALAH KOMUNITAS JAWA DAN SUNDA WIWITAN. BAIK RITUAL BERTAPA DENGAN CARA MAKAN MEMAKAN SESUAI DENGAN AJARAN BETARA GURU. PADAHAL SATRIA GURIANG SUDAH HIDUP DI ZAMAN HINDU BUDHA.
      AGAMA YANG DIANUT OLEH RAJA-RAJA TARUMA NEGARA, PAKUAN DAN GALUH. INI DAPAT DISIMPULKAN BAHWA ANTARA RAKYAT DAN RAJANYA BEBAS MEMELUK AGAMANYA MASING-MASING.PADAHAL DASAR NEGARA YANG BEBAS MEMELUK AGAMANYA MASING-MASING SEBELUM LAHIR.
      DASAR NEGARA INI LAHIR ATAS USULAN DENG PANEGAT DIRANUAPANJI PATI-PATI. BELIAU ADALAH MAHA GURU ATAU RESI DARI TULUNG AGUNG. WILAYAH KERAJAAN SINGOSARI. NAMA DASAR NEGARANYA ADALAH CAKRAWALA MANDALA JAWA. PADA WAKTU KERTA NEGARA MENGUASAI LUAR JAWA, MAKA DASAR NEGARANYA DIUBAH MENJADI CAKRAWALA MANDALA NUSANTARA. KEMUDIAN GAYATRI MERUBAH LAGI MENJADI BHINEKA TUNGGAL IKA TANHANA DHARMA MANGRUWA.
      SEBAGAI DASAR KERAJAAN MAJAPAHIT, PADA WAKTU INDONESIA MERDEKA LAMBANGH NEGARANYA BURUNG GARUDA KAKINYA MENCENGKRAM SEMBOYAN PADA PITA BHINEKA TUNGGALN IKA. APALAGI SEKARANG DIMANA ZAMAN SUDAH MODERN SEBAIKNYA ORANG-ORANG DI SEKITAR GUNUNG KUMBANG MEMEGANG TEGUH HIDUP KERUKUNAN BERAGAMA SEHINGGA SALING MENJAGA BUDAYA DAN ADAT ISTIADAT. WALAUPUN AGAMANYA BERBEDA-BEDA, HARAPANNYA ADALAH BENDA-BENDA BUDAYA TIDAK DIRUSAK APALAGI DICARI UNTUK DIJUAL. YANG PENTING BENDA-BENDA ITU TIDAK UNTUK BERBUAT SYIRIK KEPADA ALLAH SWT.


SUNAN KALIJAGA DAN SUNAN GUNUNG JATI DI GUNUNG KUMBANG
      SESUDAH RADEN SAID KELUAR DARI LUATAN, RADEN SAID DIBAAWA PULANG KE RUMAH SUNAN BONANG. DISITU DIPELIHARA AGAR KESEHATANNYA PULIH KEMBALI. SETELAH SEHAT KEMBALI, RADEN SAID DISURUH MENYEBARKAN AGAMA ISLAM. SETELAH MENYIARKAN AGAMA ISLAM KESANA KEMARI, RADEN SAID DIJULUKI SYEKH MALAYA, ARTINYA MENJELAJAH. YANG MEMBERI NAMA ITU ADALAH SUNAN BONANG.
      KEMUDIAN SYEKH MALAYA DISURUH MENGAJI KE SUNAN GUNUNG JATI DI CIREBON. SEBELUM BERANGKAT KEMUDIAN SYEKH MALAYA MENIKAH DENGAN ADIKNYA SUNAN BONANG. SESAMPAINYA DI CIREBON, SUNAN KALIJAGA BERUSAHA MENEMUI SUNAN GUNUNG JATI. SETELAH SUNAN GUNUNG JATI KELUAR.
      “KISANAK KAMU SEBENARNYA SIAPA DAN MAU APA SEBENARNYA?”
      “HAMBA BERNAMA RADEN SAID, HAMBA PUTRA BUPATI TUBAN DAN DATING KESINI UNTUK MENGAJI KEPADA KANJENG SUNAN”.
      “MAAF SAYA LAGI MENGAJAR, KAMU TUNGGU SAJA DI HALAMAN SINI. SAYA TAK MELANJUTKAN MENGAJAR SAMPAI SELESAI.”
      SUNAN GUNUNG JATI MELANJUTKAN MENGAJAR LAGI. RADEN SAID MENUNGGU SANGAT LAMA SEKALI SAMPAI BADANNYA MEMBUNGKUK. UNTUK ITU DIPERINGATI DENGAN MEMBUAT ARCA BONGKOK. KEMUDIAN SUNAN GUNUNG JATI KELUAR MENEMUI RADEN SAID, KEMUDIAN BERKATA,
      “MENGAJAR BELUM SELESAI, COBA KAMU TUNGGU SAJA DI TEPI SUNGAI KALIJAGA. ORANG MENUNGGU ITU PERASAANNYA LAMA SEKALI. INI KAMU TAK BAWAKAN SERRATUS BIJI BUAH KEMIRI. HITUNG SATU SAMPAI SERATUS.SEBELUM SAYA DATANG KAMU JANGAN BERHENTI BERHITUNG.”
      KEMUDIAN RADEN SAID BERSALAMAN. BERANGKAT MENUJU TEPI KALIJAGA. TEMPAT YANG DIPILIH SEBELAH BARAT KALIJAGA, UNTUK KESITU MELEWATI JEMBATAN. NAMANYA WETGALINGGANG. RADEN SAID MEMILIH TEMPAT YANG BAIK DI TEPI KALI ITU. KEMUDIAN DUDUK BERSILAH DENGAN MEMBACA BASMALAH, MULAI LAH RADEN SAID BERHITUNG. MENGHITUNG KEMIRI DARI SATU SAMPAI SERATUS DAN SETERUSNYA. SEMAKIN LAMA MENGHITUNG KEADAAN SEMAKIN BERUBAH, KEMIRI YANG JUMLAHNYA SERATUS TERJATUH KE SUNGAI KALIJAGA. UNTUK MENYELAMATKAN BIJI KEMIRI, RADEN SAID MENYEBURKAN DIRI KE DALAM SUNGAI.
      DIPUNGUTLAH SATU PER SATU KEMIRI ITU SETELAH TERKUMPUL, DIHITUNG HANYA SEJUMLAH 99 BIJI. UNTUK MENCARI SEBUAH BIJI KEMIRI, RADEN SAID BERENANG KE HILIR.  ITUPUN TIDAK KETEMU, SESAMPAINYA DI MUARA, RADEN SAID BERTEMU DENGAN NABI KHIDIR.
      “ANAK MUDA, YANG KAMU CARI TIDAK AKAN KETEMU KARENA SEBUAH KEMIRI YANG HILANG TELAH DIKUASAI MAKHLUK GHAIB. KAMU SEBAIKNYA BERKATA TERUS TERANG KEPADA GURUMU.”
      TAK LAMA KEMUDIAN NABI KHIDIR MENGHILANG TANPA BEKAS. RADEN SAID KEMBALI KE TEMPAT SEMULA. MENGHITUNG KEMIRI DILANJUTKAN, TETAPI JUMLAHNYA HANYA 99. TAK LAMA KEMUDIAN, SUNAN GUNUNG JATI DATANG MENGHAMPIRI RADEN SAID. DALAM HATI SUNAN GUNUNG JATI SANGAT KAGUM MELIHAT KESUNGGUHAN RADEN SAID DALAM MENIMBA ILMU AGAMA ISLAM. ILMU YANG DIBERIKAN ADALAH, CARA MEMBACA, CARA MENERJEMAHKAN, DAN MENAFSIRKAN AL QURAN. ILMU YANG DITERIMA SANGAT CEPAT DISERAP. SETELAH LULUS, RADEN SAID DIBERI GELAR SUNAN KALIJAGA. SITUS KALIJAGA LUASNYA 2 HEKTAR.
      UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN ILMU TENTANG AL QURAN, SUNAN KALIJAGA DIAJAK NAIK KE GUNUNG KUMBANG. DENGAN DUDUK BERSILAH BERHADAP-HADAPAN DENGAN SUNAN GUNUNG JATI. SUNAN GUNUNG JATI  MEMBUKA SEBUAH KITAB AL QURAN. ALANGKAH TERKEJUTNYA SUNAN GUNUNG JATI. HURUF-HURUF DALAM AL QURAN TIDAK KELIHATAN. HURUF-HURUF AL QURAN DITUTUPI MAKHLUK GHAIB. SEKARANG BERGANTIAN SUNAN KALIJAGA. UNTUK MEMBUKA KITAB AL QURAN DENGAN KEMAMPUAN ILMU YANG SANGAT TINGGI, SUNAN KALIJAGA MENGUSIR MAKHLUK GHAIB.
      KEMUDIAN SUNAN KALIJAGA MEMBUKA KITAB AL QURAN.SEMUA HURUF DALAM AL QURAN TERLIHAT JELAS. SUNAN KALIJAGA BISA MEMBACA AL QURAN SAMPAI KHATAM. DISINI SUNAN GUNUNG JATI MENGAKUI KELEBIHAN SUNAN KALIJAGA DALAM MENGUASAI ILMU AL QURAN. SETELAH SELESAI KEDUANYA KEMBALI KE CIREBON. KEMUDIAN SUNAN KALIJAGA, OLEH SUNAN GUNUNG JATI DINIKAHKAN DENGAN DEWI WINAON.
            DEWI WINAON ADALAH PUTRI SUNAN GUNUNG JATI.YANG LAHIR DARI HASIL PERKAWINANNYA DENGAN PUTRI KAWUNGANTEN.

x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar